Materi

[Materi][twocolumns]

Tentang Outline dan Tokoh dalam Cerita - Forum Diskusi Daring


Outline

Outline adalah rencana penulisan yang memuat garis besar dari suatu karangan yang akan digarap yang disusun secara sistematis sesuai alur dan plot yang diinginkan.
Outline adalah pengembangan dari sinopsis. Dalam novel biasanya kita juga bisa sebut sebagai sinopsis per bab. Jadi sinopsis utama yang sudah dibuat kita pecah lagi menjadi outline per-babnya dan ditulis lebih rinci.
Outline biasanya perlu ditulis saat hendak menulis novel atau cerita yang bisa dibilang panjang. Sedangkan saat menulis cerpen, biasanya tidak perlu, tapi ini tergantung si penulis itu sendiri nyaman dan mudahnya seperti apa.

Contoh :

BAB 1
Erika menangis karena baru putus dengan Angga yang super tajir. Baginya aset berharga itu hilang. Dst.

BAB 2
Erika tak sengaja bertemu teman masa kecilnya, Hendra yang sekarang jadi ganteng. Bahkan awalnya Erika tak mengenalinya.  Dst.

BAB 3
Erika jadi juara kelas untuk kesekian kalinya. Dia merasa jenuh, karena apa yang dia raih selama ini terkesan sangat gampang. Tidak ada tantangannya.

BAB 4
Hendra masuk ke sekolah Erika. Orang pertama yang diakrabi Hendra adalah Erika. Melihat itu, Angga sedikti merasa cemburu.

Dan seterusnya, kan cuma contoh...



Tokoh dan Karakternya

Dalam cerita tentunya ada tokohnya, dong, dan tokoh yang baik adalah tokoh yang detail dan seolah-olah hidup dan nyata. Maka dari itu tokoh harus punya karakter yang rinci dan kuat. Sebelum menulis, lebih baik tentunkan dulu tokohnya, agar nanti tokoh yang kamu tulis tidak salah karakter yang menjadikan ketidakkonsistenan karakter.  Lebih baik karakter dan nama tokohnya ditulis terlebih dahulu, agar tidak lupa saat menulis.

Kamu bisa menentukan dan menuliskan deskripsi tokoh kamu. Semacam biografi gitu. Sebagai contoh panduannya adalah sebagai berikut:

Beri nama
Beri nama yang unik dan memiliki arti yang sesuai dengan karakternya. Nggak mungkin ngasih nama tokoh Broto, tapi orangnya klemar-klemer.

Ciri Fisiknya
Nah tuliskan saja ciri fisiknya, biar tokohmu benar-benar terlihat nyata.

Karakternya
Misalnya dia baik, penyayang dan lain-lain

Kebiasaannya
Misalnya dia suka ngupil, kentut sembarangan dan lain-lain

Kesukaannya (film, musik, buku apa?)
Misal suka Drama Korea, suka musik dangdut, suka buku anak, suka memelihara burung lovebird, suka memelihara ikan cupang, dan lain-lain

Untuk karakter bisa kalian kembangkan sendiri.


Pertanyaan dan Diskusi


Pertanyaan
Kak Rey, cara membuat outline cerita yang cetar gimana, ya? Apakah ada tips-tips khusus?

Jawaban
Outline sebenernya cuma jalan yang kita buat untuk bikin cerita selanjutnya. jadi cuma garis besar dan pengembangan dari sinopsis. Tidak ada aturan khusus untuk hal ini. Tipsnya bikin outline yang mudah dipahami dan detail.


Pertanyaan
Outline ini biasanya berupa paragraf atau note dengan poin poin?

Jawaban
Iyap benar sekali. Sebenarnya tidak ada aturan khusus. Kamu bisa menuliskannya seperti paragraph atau poin-poin saja. Yang penting kita sebagai penulis paham terkait outline tersebut.


Pertanyaan
Misal udah nulis, di tengah-tengah tiba-tiba keluar dari outline tapi menurut kita itu lebih bagus ceritanya. Apa kita harus rujuk ke outline, apa biarkan ngalir aja?

Jawaban
Mending jangan ubah-ubah kalau kita masih proses nulis. Selesaikan dulu. Kalau sudah selesai baru tahap revisi. Daripada nanti nggak selesai-selesai.
Mungkin satu penulis dengan penulis lain akan beda proses kreatifnya. Ada yang tidak melewati proses membuat outline terlebih dahulu. Tapi saya sendiri suka pakai outline karena saat revisi pun akan gampang kalau mau bongkar-pasang plot.


Pertanyaan
Gitu jadu konsisten dulu, ya.  Baru nanti kita pikir ulang pas self editing. Oke oke.

Jawaban
Yaps. Nanti outline ini bakal gampangin pas kita mau bongkar-pasang cerita.
Manfaat outline, nanti kalau naskahnya berhenti dan tertinggal cukul lama dan mau ngelanjutin akan lebih mudah dengan melihat outline.


Pertanyaan
Kak rey, cara kita biar bisa memosisikan diri jadi tokoh yang wataknya bukan kita banget gimana, misal kita orangnya mikir dulu cari jalan terbaik sukanya, tapi tokoh kita arogan, dan ngawuran. Itu kan bertolak belakang. Pasti susah. Dan kita harus bisa menjiwai semua tokoh pas nulis. Jadi loncat-loncat abis bijak ke arogan abis ramah ke galak gitu.  Sepertinya nggak mudah.

Jawaban
Paling sulit memang menulis tokoh yang karakternya sangat bertolak belakang dengan kita. Tapi kita bisa kok mengamati orang/teman kita yang punya karakter seperti tokoh yang kita tulis. Nah dari pengamatan ini kita bisa coba masuk dan menjiwai. Kalau saya sendiri cari aman, cari karakter tokoh yang ada di sekitat kita. Gabungkan juga karakter teman A dengan teman B. Orang C dengan orang D agar tercipta tokoh unik tapi tetap bisa kita amati dan bayangkan.

Untuk menjiwai semua tokoh ya?

Tergantung kita nulis pakai sudut pandang orang ke berapa? Kalau pakai orang pertama (aku/saya/gue) kita tinggal mendalami satu tokoh sebagai "aku" saja, selebihnya kita kan menceritakan apa yang tokoh "aku" ajak interaksi.

Kalau POV 3 ya kita memang harus menjiwai banyak tokoh. Tapi kalau karakter yang kita buat mateng, nanti akan ngerasa tokoh kita akan bercerita sendiri menemukan cerita dan takdirnya.


Pertanyaan
Gmana sih Kak caranya nentuin karakter yang pas dengan nama tokoh?
Dan tempat tinggal tokoh tentunya...

Jawaban 
Nama mencerminkan karakter. Kita nggak mungkin pakai nama Beltane untuk orang Jawa. Nggak mungkin pakai nama Soimah untuk tokoh Perancis.


Pertanyaan
Dengan adanya kondisi di mana saya sangat menyukai gagasan cerita baru di luar dari outline yang saya rancang di awal, kadang malah bisa bikin saya lebih semangat dan nafsu untuk eksplorasi naskah seajaib mungkin. Apakah hal itu salah :( dan apa saya harus tetap menjaga stabilitas ide yang sejatinya ide itu sendiri berangsur segar dan dinamis berikut kompleks?

Jawaban
Kembali ke penulis itu sendiri sih. Semakin banyak latihan, penulis akan tahu mana yang nyaman buat dirinya. 
Nah tidak ada yang salah saat proses kreatif karena yang dihasilkan penulis bukan proses sih, tapi hasil yang mampu membuat pembaca jatuh cinta, terinspirasi dan masuk ke cerita.
Cuma banyak penulis yang jika ada ide di tengah malah garap ide itu, terus setelah digarap nemu ide lagi, garap lagi, gitu terus sampai meteor cokelat menghantam ladang gandum dan jadilah coco crunch. .
Kasihan naskahnya nggak jadi jadi.


Pertanyaan
Kalau misal namanya Hening tapi karakternya cerewet, gimana? Terus untuk nama-nama yang nyeleneh sperti Hitam itu karakternya gimana?

Jawaban
Sebenernya bisa jadi. Jadi ceritanya dibuat unik
Namanya Hening, orangtuanya mungkin merasa berdosa karena menamainya Hening. Sifatnya sangat bertolakbelakang dengan namanya. Dia pemberontak, cerewet, judes dan segala karakter buruk yang harusnya tak melekat pada seorang perempuan yang bernama Hening.
Untuk nama-nama unik dan aneh, boleh saja asal tahu makna nama tersebut.



Latihan menciptakan tokoh dan mendeskripsikannya


Nama Fisik            : Agam Saputra
Ciri                       : Tinggi 170, berat 50kg. Cukup ideal, tapi terlihat kurus karena penumpukan lemak di perut saja. Rambut lurus dan sering dibuat jambul. Suka pake kemejan kotak kotak dan celana jins. 
Lagu favorit          : Pop, slow rock.
Buku Favorit         : Karya Dee Lestari
Makanan Favorit   : Nasi Goreng Telor
Minuman Favorit : Es Teh
Kebiasaan              : Suka ngupil sembarangan. Paling males mandi pagi. Tidurnya ngorok.

Nama                    : Shakilaraya
Nama panggilan    : Kilan
Ciri                                 : Tinggi 155cm, berat 40kg. Wajahnya manis, berlesung pipit. Berjilbab, dan suka pakai kaos yang dipadupadankan dengan kemeja sebagai outer. Jins denim ditambah sandal gunung.
Hobby                   : Nulis puisi
Makanan               : Pemakan segala tapi nggak gendut-gendut
Kebiasaan              : Suka mbolang, tiada hidup tanpa jalan-jalan.


Nama                    : Jhony Cullen
Nama panggilan    : Mas kulin
Ciri                       : Tingginya 177 cm dan berat badannya 68kg, berwajah tampan dengan satu lesung pipit di pipi sebelah kanan, berkulit sawo matang, mata coklat muda dan ada bekas luka di alis sebelah kanan, paling benci dengan orang yang suka menyentuh rambutnya, tapi suka mengorak-abrik rambut orang lain. suka pakai celana pendek dan jika pakai celana panjang maka celananya akan dimodif supaya lututnya bisa terkena angin.
Hobbi                    : Ngisengin orang, tawuran, kentut tapi nuduh orang lain.
Makanan               : Apa pun yang layak dimakan akan dimakan kecuali ikan.
Minuman              : Teh botol cocro yang dituang ke gelas dengan es batu
Kebiasaan              : berangkat sekolah pukul 09.00 WIB setiap hari selasa, dan biasa dilakukan tanpa sepengetahuan guru, jika ketahuan dia jajan bakso super pedas di kantin


Nama                    : Anastasya
Ciri                       : Cantik, bermata indah, mempunyai senyum yang tulus, baik kesemuanya orang, pemalu. 
Lagu, buku, makanan dan minuman : Apapun yang tersedia.
Hobby                   : Memandangi alam 
Kebiasaan              : Ke danau


Nama                              : Panji 
Ciri                       : Tinggi 175cm, berat 56kg. Tampan. Putih. Rambut lurus dan tapi sering pakai Topi. Suka pake kemejan kotak kotak daleman kaos putih dan celana jeans.
Lagu favorit                    : Pop, mellow.
Buku Favorit         : Karya Boy Candra
Makanan Favorit   : Pete, Jengkol, Ikan Asin
Minuman Favorit : Air Putih
Kebiasaan              : Suka kentut seembarangan, suka ngamuk kalo dibangunin



Nama                              : Becik ketitik ala ketara
Panggilan              : Tara
Jenis kelamin        : Laki-laki
Ciri                       : Tinggi 168cm, berat 48kg, dikalangan laki² dia yang terlihat pendek, wajahnya kharismatik meskipun berkulit kecoklatan khas orang jawa, matanya bulat, hidungnya tidak mancung tidak juga pesek sangat pas dengan wajahnya, bibirnya tipis menandakan kalau dia sangat cerewet, rambutnya botak habis kena razia masal di SMK, suka pake kaus kaki ngasal sesuka hatinya.
Lagu favorit                    : Dangdut yang dinyanyikan Tasya artis new palapa
Buku favorit                   : La Tahzan
Hobi                      : Menggambar
Kebiasaan              : Ngentutin orang yang banyak omong, karena yang boleh ngomong cuman dia  


Nama                              : Zahra
Ciri                       : Tinggi 160, bb 70. Rambut hitam bergelombang, 
Lagu favorit                    : Qosidah, dangdut.
Buku favorit                   : Buku resep mkanan & buku panduan langsing.
Mkanan favorit      : Apapun asal halal
Minuman favorit   : Air putih.
Sifat                      : Moody, mudah marah tp mudah ilang. Pantang menyerah. Lembut.
Paling benci                    : Pembohong.
Prinsip                  : Jalani apapun dg syukur


Karakter yang bagus itu yang kuat. Bisa kita lihat katakter Dilan yang anak motor, suka ngegombal dan bikin hati cewek meleleh.
Coba kita lihat karakter Kugy yang cantik, "gila", menyukai dongeng dan out of the box


--Reyhan M Abdurrohman

No comments:

Kegiatan

[Kegiatan][bleft]

Karya Kami

[Karya Kami][bleft]

Galeri

[Galeri][twocolumns]